Efektivitas Penggunaan Murattal Al Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Eka Sulistiya Ningsih, 150204017 (2020) Efektivitas Penggunaan Murattal Al Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Murattal Al Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Penggunaan Murattal Al Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh)
Efektivitas Penggunaan Murattal Al Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan murattal Al Qur’an sebagai backsound (pengiring) dalam meningkatkan konsentrasi belajar Fisika siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa audio, angket Pre Test dan Post Test konsentrasi siswa, serta wawancara terhadap 5 orang siswa dari kelas yang diteliti. Penelitian ini menerapkan media audio murattal Al Qur’an agar membuat kondisi kelas menjadi kondusif sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada saat belajar Fisika. Murattal Al Qur’an efektif dan berpengaruh positif terhadap aspek menjawab, psikologi, dan lingkungan. Namun murattal Al Quran tidak efektif terhadap aspek sambutan lisan (verbal respons). Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh “negatif” penggunaan murattal Al Quran dalam pembelajaran fisika terhadap aspek fokus pandangan, perhatian, dan sambutan psikomotorik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Eka Sulistiya Ningsih Eka
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:53
Last Modified: 23 Jul 2020 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item
View Item