Mekanisme Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indrapuri

Fery Sandria, 150501019 (2020) Mekanisme Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indrapuri. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Mekanisme Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indrapuri)
Fery Sandria, 150501019, FDK, BKI, 085372894571.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mekanisme Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indrapuri”. Alasan penulis mengambil judul ini agar mengetahui secara mendalam apa dampak dari mekanisme pertanian terhapan masyarakat di Indrapuri. Dalam penelitian ini penulis mengutarakan tiga rumusan masalah yaitu bagaimana proses masuknya teknologi pertanian di Indrapuri, bagaimana respon masyarakat dalam menyikapi perkembangan teknologi pertanian di Gampong Empee Ara dan apa dampak dari perkembangan teknologi pertanian terhadap kehidupan sosial masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses masuknya mekanisme pertanian di Indrapuri, bagaimana respon masyarakat dalam menyikapi perkembangan teknologi pertanian serta apa dampak yang terjadi dengan hadirnya mekanisme pertanian terhadap masyarakat. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. wawancara dilakukan langsung dengan petani-petani dan penduduk Gampong. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan hadirnya teknologi pertanian dapat merubahnya aktivitas sosial petani Gampong Empee Ara. Ada yang pro dan ada yang kontra, yang pro terhadap mekanisme pertanian banyaknya dari kalangan kelas atas yang mempunyai lahan banyak dan yang kontra kebanyakan dari kalangan kelas bawah. Akibat dari pro dan konta ini berdampak pada masyarakat di Gampong Empee Ara, sehingga terjadi dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yakni, dengan hadirnya mekanisme pertanian padi membuat sistem ekonomi masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkannya sedikit dan dampak negatifnya yaitu, nilai-nilai sosial dalam masyarakat itu sendiri mulai menghilang baik dalam hal interaksi masyarakat maupun hubungan sesama masyarakat itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa proses masuknya mekanisme pertanian di Gampong Empee Ara melalui kerjasama kelompok tani dan kantor mekanisasi pertanian di Indrapuri, kerjasama ini dalam rangka uji coba teknologi awalnya. adapun respon masyarakat ada yang pro dan ada yang kontra dalam menyikapi mekanisme pertanian dan dampak mekanisme pertanian terbagi dua, dampak positif dan negatif terhadap mekanisme pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Pertanian, Perubahan Sosial, Petani
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fery Sandria
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:05
Last Modified: 23 Jul 2020 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item
TOP