Identifikasi Faktor-Faktor Dominan Terjadinya Kasus Cerai Gugat pada Mahkamah Sar’iyah Kabupaten Aceh Tengah

Aida Fitri, 150402078 (2020) Identifikasi Faktor-Faktor Dominan Terjadinya Kasus Cerai Gugat pada Mahkamah Sar’iyah Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Faktor-Faktor Dominan Terjadinya Kasus Cerai Gugat pada Mahkamah Sar’iyah Kabupaten Aceh Tengah)
Identifikasi Faktor-Faktor Dominan Terjadinya Kasus Cerai Gugat pada Mahkamah Sar’iyah Kabupaten Aceh Tengah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Identifikasi Faktor-Faktor Dominan Terjadinya Cerai Gugat Pada Mahkamah Syar’iyah Aceh Tengah” Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mendominan terjadinya cerai gugat pada Mahkamah syar’iyah Aceh Tengah serta bagaimana bimbingan dan konseling islam terhadap kasus cerai gugat pada mahkamah syar’iyah Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendominan terjadinya kasus cerai gugat pada Mahkamah Syar’iyah Aceh Tengah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu diawali dengan melakukan observasi langsung ke lapangan untuk melihat data-data yang ada pada mahkamah syar’iyah. Hasil dari penelitian yang di dapat, Faktor yang mendominan terjadinya peningkatan angka cerai gugat pada mahkamah syar’iyah Aceh Tengah adalah perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus dengan 319 kasus, menyusul faktor kedua yaitu meninggalkan salah satu pihak dengan 52 kasus, dan faktor ketiga terakhir yaitu KDRT dengan 20 kasus. bimbingan Konseling Islam, sangat penting untuk dilakukan kepada setiap mereka yang bermaksut membina rumah tangga, Bimbingan Konseling Islam ini diberikan kepada mereka sebelum menikah atau sering di sebut bimbingan pra nikah yang diselenggarakan oleh kantor Kementerian Agama dan bimbingaan pernikahan kembali ada ketika suami dan istri mahkamah syar’iyah Aceh Tengah dan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah untuk terhindarnya dari peningkatan angka percerainya di kabupaten Aceh Tengah setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aida Fitri Aida
Date Deposited: 23 Jul 2020 04:30
Last Modified: 23 Jul 2020 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item
TOP