Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Sub Materi Pendukung Pembelajaran Bryophyta Di SMAN 1 Lembah Seulawah

Naja Fitria, 140207156 (2020) Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Sub Materi Pendukung Pembelajaran Bryophyta Di SMAN 1 Lembah Seulawah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Sub Materi Pendukung Pembelajaran Bryophyta Di SMAN 1 Lembah Seulawah)
Naja Fitria, 140207156. FTK,PBL, 082164985582 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan lumut salah satu komponen penting dalam kawasan hutan pengunungan tropis yang berperan signifikan dalam keseimbangan air dan siklus hara hutan, berfungsi sebagai substrat, sumber makanan dan tempat bersarang bagi organisme hutan lainnya. Pembelajaran lumut di sekolah merupakan salah satu konsep yang diajarkan menggunakan buku paket, tidak adanya media lain untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) apa saja yang terdapat di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar, mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) sebagai pendukung sub materi Bryophyta di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar, dijadikan sebagai materi pendukung pembelajaran Bryophyta di SMA Negeri 1 Lembah Seulawah dalam bentuk buku ajar dan poster, mengetahui kelayakan pendukung sub materi Bryophyta di SMA Negeri 1 Lembah Seulawah dari hasil penelitian Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Kawasan Tahura Pocut Meurah IntanKabupaten Aceh Besar, dan mengetahui respon siswa terhadap pendukung pendukung sub materi Bryophyta di SMA Negeri 1 Lembah Seulawah dari hasil penelitian Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode survei eksploratif dengan kombinasi antara metode jalur dengan garis berpetak dan pada setiap jalur diletakkan plot. Pengambilan sampel lumut dilakukan dengan cara purposive sampling yang dilakukan di dua tempat yang berbeda yaitu lokasi bagian atas dan lokasi bagian bawah. Hasil Penelitian yang dilakukan di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Kecamatan Lembah Seulawah terdapat 16 jenis tumbuhan Lumut (Bryophyta). Keanekaragaman lumut (Bryophyta) yang terdapat di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Kecamatan Lembah Seulawah adalah Ĥ=2,5113. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar dan poster. Hasil uji kelayakan buku saku dan poster oleh validator diperoleh masing-masing skor total 88,69 dan 89,58%. Hasil respon siswa terhadap referensi pembelajaran yang berupa buku ajar dan poster mengenai sub materi Bryophyta memperoleh respon positif dari seluruh siswa dibuktikan dengan perolehan dari total persentase sebesar 80,09% untuk buku ajar dan 95,86% untuk poster. Kesimpulan diperoleh adalah tingkat keanekaragaman tergolong sedang, dan dihasilkan buku ajar dan poster yang sangat layak dijadikan sebagai pendukung pada Sub Materi Bryophyta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan lumut, keanekaragaman, Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Naja Fitria
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:04
Last Modified: 24 Jul 2020 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item
TOP