Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAN 5 Aceh Besar

Aris Munandar, 140208059 (2020) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang keterampilan berfikir kritis siswa]
Preview
Text (Membahas tentang keterampilan berfikir kritis siswa)
Aris Munandar, 140208059, FTK, PKM, 085213976615.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pada dasarnya siswa mempunyai ketrampilan berpikir kritis dalam belajar misalnya ketrampilan bertanya, hipotesis, klasifikasi, observasi dan interprestasi. Tetapi ketrampilan tersebut terkadang tidak berkembang dengan baik maka diperlukan adanya metode yang mampu mengembangkan ketrampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ketrampilan berpikir kritis siswa dalam materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit serta untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 25 orang siswa kelas X di MAN 5 Aceh Besar yang dikelompokkan ke dalam kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa terhadap tes tertulis, observasi, dan wawancara. Pada penelitian ini secara keseluruhan keterampilan berpikir kritis siswa dari hasil tes dan observasi pada kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah tergolong baik. Terlihat dari rata-rata persentase pada kelompok tinggi sebesar 83,67%, kelompok sedang sebesar 79,24%, dan kelompok rendah sebesar 77,95%. Terdapat perbedaan persentase yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis antara kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah pada indikator yang memfokuskan pertanyaan, menganalisis pertanyaan, serta bertanya dan menjawab pertanyaan. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa siswa sangat senang dan tertarik dengan model pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Aris Munandar
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:03
Last Modified: 24 Jul 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item
View Item