Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 3 Samatiga

Mukhtizar, 140204119 (2019) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 3 Samatiga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Perserta Didik]
Preview
Text (Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perserta Didik)
Mukhtizar,140204119 ,FTK, PFS, 082210248119.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 3 Samatiga terlihat bahwa masihrendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini diketahuidari banyaknya peserta didik yangbelum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 3 Samatiga disebabkan kurangnya perhatian mereka terhadap penjelasan guru dan tidak adanya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan metode demonstrasi yang mendukung kegiatan belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode demonstrasi di SMP Negeri 3 Samatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test post-test Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Samatiga. Instrumen pada penelitian adalah soal tes multiple choise. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu (21,45 > 1,703) pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi kalor dan perpindahannya di kelas VII SMP Negeri 3 Samatiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Ridhwan, M.Si. 2. Fera Annisa, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, Kalor dan Perpindahannya.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mukhtizar
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:51
Last Modified: 27 Jul 2020 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item
View Item