Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pasar Tradisional Simpang Tujuh Ulee Kareng Ditinjau Menurut Persepektif Ekonomi Syariah

Juraini, 150602065 (2020) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pasar Tradisional Simpang Tujuh Ulee Kareng Ditinjau Menurut Persepektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pasar Tradisional Simpang Tujuh Ulee Kareng Ditinjau Menurut Persepektif Ekonomi Syariah)
Juraini, 150602065, FEBI, ES, 081286830933.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar memiliki peran yang penting untuk menggerakkan roda perekonomian baik dalam peningkatan kualitas produk maupun pelayanan untuk meningkatkan kepuasan. Selain itu, pasar dapat dijadikan sebagai katalisator hubungan transdental muslim dengan tuhannya, dengan kata lain bertransaksi dalam pasar merupakan ibadah seorang muslim dalam kehidupan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pasar tradisional simpang ujuh Ulee Kareng yang ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini diambil dari data primer. Sampel penelitian 100 orang pelanggan yang bersedia untuk dijadikan sampel, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan, uji asumsi klasik, regresi linier berganda serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa frob f signifikan adalah sebesar 0,000 dan nilai signifikan yang diterima 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat diketahui bahwa HO ditolak Hα diterima. Artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pasar tradisional simpang tujuh Ulee Kareng yang ditinjau menurut perspektif ekonomi syariah. Dan berdasarkan penelitian uji t diketahui bahwa variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pasar tradisional simpang tujuh Ulee Kareng dan kualitas pelayanan juga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pasar tradisional simpang tujuh Ulee Kareng yang ditinjau menurut perspektif ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainuddin, SE, M. Si, Pembimbing II : Fakhrurrazi Amir,SE.,MA
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.8 Serikat Pekerja, Tawar-menawar dan Pertentangan Pekerja Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Juraini Juraini
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:30
Last Modified: 27 Jul 2020 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item
TOP