Analisis Perjanjian Sewa Menyewa Boat Wisata Di Kawasan Sabang Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Manfa’ah

Rizka Muliani, 150102045 (2020) Analisis Perjanjian Sewa Menyewa Boat Wisata Di Kawasan Sabang Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Manfa’ah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Perjanjian Sewa Menyewa Boat Wisata Di Kawasan Sabang Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Manfa’ah]
Preview
Text (Analisis Perjanjian Sewa Menyewa Boat Wisata Di Kawasan Sabang Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Manfa’ah)
Rizka Muliani, 150102045, FSH, HES, 082368172614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Standarisasi mengenai biaya sewa boat wisata di kawasan Sabang belum sepenuhnya dapat terealisasikan. Hal ini dikarenakan tidak adanya perjanjian tertulis antara owner dengan penyewa boat sehingga terjadinya perbedaan biaya diluar standar harga yang telah ditetapkan. Kajian ini untuk menjawab permasalahan sebagai berikut : Bagaimana standarisasi biaya sewa boat wisata yang dilakukan untuk wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara. Kedua, bagaimana cara penyeimbangan perbedaan biaya sewa boat wisata antara wisatawan lokal, domestik dan mancanegara. Ketiga, bagaimana perspektif akad ijarah bi al-manfaah terhadap sistem sewa yang dilakukan owner pada penyewaan boat di Sabang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dari responden, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara langsung. Perolehan data kemudian diolah dan disusun menjadi suatu pembahasan deskripsi dan penulis menganalisis berdasarkan teori dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya standarisasi biaya sewa boat wisata di kawasan Sabang namun tidak pada semua tempat yang menyediakan penyewaan boat. Hal ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan suatu ras kebangsaan atau status kebangsaan yang dianut oleh wisatawan tersebut yang membuat terjadinya perbedaan pembiayaan sewa boat wisata antara wisatawan lokal, domestik dan mancanegara. Sistem sewa menyewa yang dilakukan owner pada penyewaan boat di kawasan Sabang telah sesuai dengan aturan yang diatur dalam akad ijarah bi al-manfa’ah dan telah memenuhi kriteria rukun dan syarat dalam ijarah bi al-manfa’ah. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa perjanjian sewa menyewa boat wisata di kawasan Sabang belum dikodifikasikan dalam bentuk perjanjian tertulis antara para pihak, masih dalam bentuk perjanjian lisan atau non tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ridwan Nurdin, MCL, Pembimbing II : Muhammad Syuib, MH
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Sewa Menyewa, Ijarah Bi Al-Manfa’ah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Muliana
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:13
Last Modified: 27 Jul 2020 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item
View Item