Fitra Kurniawan, 211323760 (2019) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas X SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Fitra Kurniawan, 211323760, FTK, PAI, 085277898349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Media Audio Visual merupakan kombinasi Audio dan Visual dan juga biasa disebut dengan media pandang dengar. Jika seorang guru tidak bisa menggunakan media di dalam pembelajaran maka pembelajaran tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar, seperti halnya yang terjadi di SMAN 1 Ingin Jaya media audio visual sudah diterapkan, tetapi Guru Pendidikan Agama Islam jarang melaksanakan dalam proses pembelajaran fiqih. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana bagaimana ketepatan dan capaian indikator pembelajaran fiqih dengan menggunakan media audio Visual di kelas X SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar dan bagaimana tingkatan minat belajar siswa kelas X SMAN 1 Ingin Jaya dalam pelajaran fiqih dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Eksperimen. Objek penelitian pada siswa kelas X yang berjumlah 26 orang siswa, dalam pengumpulan data melalui wawancara dan lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan kuesinoer angket. Hasil penelitian diperoleh melalui penggunaan media audio visual diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru yang ke-I 68, 5% tergolong dalam kategori baik, yang ke-II tergolong dalam kategori baik, dan yang ke-III 85% tergolong dalam kategori baik sekali. Dapat kita ketahui dari hasil aktivitas guru menerapkan media audio visual kepada siswa dapat meningkatkan minat belajar. Sedangkan data hasil observasi aktifitas peserta didik selama proses belajar mengajar yaitu yang ke-I 64% yaitu tidak mencapai tujuan pembelajaran, yang ke-II yaitu 85% tergolong dalam baik sekali dan yang ke-III hasil observasi aktivitas siswa tergolong baik sekali yaitu 92%. Sementara hasil penilaian unjuk kerja atau performan digunakan untuk mengetahui hasil peningkatan pemahaman siswa tentang sumber hukum Islam ketepatan capaian indikator pembelajaran melalui nilai kelas dan persentase ketuntasan belajar peserta didik setelah diterapkan media audio visual mengalami peningkatan. penggunaan media audio visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sumber Rukun Islam dengan membuat banyak simbol, gambar, tabel dan grafik dalam catatan mereka, khususnya pada mata pelajaran fikih mengalami peningkatan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah Husein, M.A Pembimbing II : Dr. Heliati Fajriah, M. A |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitra Kurniawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12945 |