Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Pendekatan Integratif Pada Disduk Capil Kabupaten Aceh Besar

Evi Yusnaini, 140802021 (2020) Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Pendekatan Integratif Pada Disduk Capil Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Pendekatan Integratif Pada Disduk Capil Kabupaten Aceh Besar)
Evi Yusnaini, 140802021, FISIP, ADN, 082332954885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelayanan Administrasi kependudukan adalah cara melayani, menyiapkan atau menjamin keperluan seseorang atau kelompok orang diajukan dari permintaan sampai penyampaian atau penyerahan pengadministrasiannya. Salah satu lembaga yang mempunyai wewenang untuk mengurusi pengadministrasian kependudukan adalah DISDUKCAPIL. Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil merupakan suatu lembaga resmi pemerintah kabupaten yang menangani peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang mempunyai tugas untuk mencatat, mendaftarkan identitas seseorang penduduk serta membukukan selengkap mungkin setiap peristiwa penting bagi status keperdataan seseorang. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilis pelayanan administrasi serta untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan melalui pendekatan integratif oleh pegawai untuk memberikan pelayanan yang optimal dalam pelayanan administrasi kependudukan dan penerbitan dokumen kependudukan masyarakat pada Disdukcapil Kabupaten Aceh Besar.
Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, peneliti menyelidiki atau memaparkan apa yang terdapat dan yang terjadi dilapangan. Dalam pengambilan sampel penulis mengunakan teknik porposive sampling.Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan pengadministrasian kependuddukan di Disdukcapil Kabuapaten Aceh Besar sudah dilakukan sebaik mungkin seperti menyediakan fasilitas-fasilitas untuk membantu dan mengarahkan masyarakat dalam pembuatan E-ktp dan Akte kelahiran di Disdukcapil. Namun terdapat juga kualitas pelayanan adminduk yang dilaksanakan melalui pendekatan integratif yang belum maksimal dikarenakan proses pengadministrasian yang memerlukan surat untuk pemasokan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dikemudian hari didisdukcapil seperti blangko,tinta dan lain pelayanan administarsi kependudukan belum dapat dikatakan efektif. Hal ini terlihat masih kurang maksimalnya SDM pegawai, sarana dan prasarana yang masih terbatas dan dana subsidi dari pemerintah yang belum memadai masyarakat kurangnya sosialisasi pemerintah kepada masyarakat, dan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran terutama masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota atau daerah pinggiran kota. Oleh karena itu, dari hasil yang diperoleh melalui penelitian ini dapat dijadikan referensi dan rekomendasi untuk mendukung kelancaran pelayanan adminsitrasi kependudukan dalam rangka pembuatan akta kelahiran dan E-KTP di Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, M.Si 2. Cut Zamharira, S.IP., M.AP
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial > 304.6 Kependudukan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Evi Yusnaini
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:47
Last Modified: 05 Aug 2020 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item
TOP