Praktik Penyembelihan Ayam Broiler Di kalangan Pedagang Pasar Seutui dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Pasar Ayam Seutui Banda Aceh)

M Sayuthi A, 121309998 (2019) Praktik Penyembelihan Ayam Broiler Di kalangan Pedagang Pasar Seutui dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Pasar Ayam Seutui Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Praktik Penyembelihan Ayam Broiler Di kalangan Pedagang  Pasar Seutui dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Pasar Ayam Seutui Banda Aceh)]
Preview
Text (Praktik Penyembelihan Ayam Broiler Di kalangan Pedagang Pasar Seutui dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Pasar Ayam Seutui Banda Aceh))
M Sayuthi A, 121309998, FSH, HES, 085277172259.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Jual beli ayam broiler merupakan transaksi yang banyak dilakukan bagi masyarakat karena banyaknya keuntungan. Transaksi ini tidak terlepas dengan proses penyembelihan, karena penyembelihan merupakan syarat kehalalan hewan darat yang boleh dikonsumsi. Maka dari itu penulis ingin meneliti lebih dalam terkait tentang praktik penyembelihan ayam broiler di kalangan pedagang Pasar Seutui dalam perspektif hukum Islam. Adapun yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah Pertama, bagaimana praktik penyembelihan ayam broiler yang terjadi di pasar seutui Kedua, bagaimana pemahaman pedagang tentang hukum dan etika penyembelihan ayam broiler dan Ketiga, bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktek penyembelihan ayam broiler di Pasar Seutui. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, yaitu suatu cara yang menghasilkan data diskriptif-analisis. Hasil penelitian terhadap praktik penyembelihan ayam broiler di kalangan pedagang Pasar Seutui dalam perspektif hukum Islam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama, praktik penyembelihan ayam broiler di Pasar Seutui oleh pedagang dengan menyembelih sesuai rukun dan syarat yang berlaku dalam hukum Islam Kedua, adanya pengetahuan dan pemahaman pedagang tentang hukum dan etika penyembelihan ayam broiler. Ketiga, pandangan hukum Islam terhadap penyembelihan ayam broiler di Pasar Seutui telah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Mohd. Kalam Daud, M.Ag Pembimbing Ii : Gamal Achyar, Lc.,M. Sh
Uncontrolled Keywords: Penyembelihan, Pedagang, Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M Sayuthi A
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:09
Last Modified: 29 Jul 2020 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item
View Item