Analisis Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Pendekatan Savi di SMAN 1 Lhokseumawe

Kintan Reskyna, 160207003 (2019) Analisis Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Pendekatan Savi di SMAN 1 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Pendekatan Savi di SMAN 1 Lhokseumawe]
Preview
Text (Analisis Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Submateri Spermatophyta Melalui Pendekatan Savi di SMAN 1 Lhokseumawe)
Kintan Reskyna, 160207003, FTK, PBL, 082276546404.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar merupakan sikap yang harus ditumbuhkan dalam diri siswa. Kemandirian belajar dapat ditumbuhkan melalui penerapan pendekatan yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya. Salah satu pendekatan yang dapat menumbuhkan kemandirian belajar adalah SAVI, namun SAVI belum pernah diterapkan pada pembelajaran Spermatophyta di SMAN 1 Lhokseumawe. Kurangnya kemandirian belajar mengakibatkan rendahnya kesadaran siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemandirian dan hasil belajar siswa melalui pendekatan SAVI pada submateri Spermatophyta di SMAN 1 Lhokseumawe. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA SMAN 1 Lhokseumawe, yaitu X IPA 1 sampai X IPA 7. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling, kelas X IPA 1 dijadikan kelas eksperimen dan X IPA 2 dijadikan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar kelas eksperimen pertemuan I mandiri dan pertemuan II sangat mandiri. Berdasarkan uji-t kemandirian belajar pertemuan I pada α 0,05 didapatkan thitung>ttabel (4,609> 1,859), sedangkan pertemuan II didapatkan thitung> ttabel (5,492> 1,859) yang artinya terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan uji-t hasil belajar pada α 0,05 didapatkan thitung> ttabel (3,835> 1,677) yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed. St, 2. Eva Nauli Taib, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, SAVI, Spermatophyta
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Kintan Reskyna
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:47
Last Modified: 29 Jul 2020 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item
View Item