Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 04 Kota Banda Aceh

Mira Utamy, 150209081 (2020) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 04 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MIN 04 Kota Banda Aceh)
Mira Utamy, 150209081, FTK, PGMI, 082166668300.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu, guru tidak mendorong siswa untuk berpikir kritis dan penerapan metode atau model yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pendekatan saintifik berbantuan metode demonstrasi terhadap keterampilan berpikir kritis: (2) menganalisis respon siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Rancangan pada penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 04 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang mana sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va dan Vb. Data keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan instrumen tes dan respon siswa menggunakan instrumen angket. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 16 for windows pada taraf signifikan 0,05 sedangkan data respon siswa dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan berpikir kritis siswa dengan pendekatan saintifik berbantuan metode demonstrasi pada tema makanan sehat kelas V MIN 04 Kota Banda Aceh mengalami peningkatan dengan rata-rata dari postest kelas eksperimen yaitu x ̅ = 79,5 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol x ̅ = 71,7. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 2,86, dengan dk 68 diperoleh ttabel = 1,66. Hasil ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dengan pendekatan saintifik berbantuan metode demonstrasi: (2) respon siswa pada kelas eksperimen yaitu 3,26 dan angket respon siswa kelas kontrol yaitu 3,28 termasuk kedalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D Pembimbing II : Mainisa. S.Pd.I., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mira Utami
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:33
Last Modified: 05 Aug 2020 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item
TOP