Penerapan Model Think Pair and Share dengan Media Cetak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 20 Aceh Besar

Muliya Wahyuna, 150209093 (2019) Penerapan Model Think Pair and Share dengan Media Cetak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Think Pair and Share dengan Media Cetak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 20 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Think Pair and Share dengan Media Cetak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 20 Aceh Besar)
Muliya Wahyuna, 150209093, FTK, PGMI, 082277260191.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung dalam kelas hanya berupa penggunaan buku pegangan siswa sehingga pembelajaran terlihat tidak efektif. Selain itu dalam penyampaian materi guru menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan selama pembelajaran berlangsung. Maka dari permasalahan tersebut, peneliti menawarkan penggunaan media dan model pembelajaran yang menarik untuk menciptakan pembelajaran yang aktif. Salah satunya model think pair and share dengan penggunaan media cetak yang berupa koran untuk diterapkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus di MIN 20 Aceh Besar dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang didapati: 1. Aktivitas guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan model think pair and share. Pada siklus I yaitu mendapat nilai 76% dengan kategori (Baik), siklus II memperoleh 80,68% (Baik Sekali), dan pada siklus III memperoleh 95,23% (Baik Sekali). 2. Keaktifan belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 1,83 (Cukup), siklus II memperoleh nilai 3,80 (Baik Sekali) dan pada siklus III memperoleh 3,95 (Baik Sekali). 3. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60,60% dengan kategori (Cukup) pada siklus ini masih belum tuntas hasil belajarnya, siklus II memperoleh nilai 78,78% (Baik) sedangkan pada siklus III 90,90% dengan kategori (Baik Sekali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think pair and share dengan media cetak yang berupa koran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, sebagaimana diketahui bahwa setiap siklusnya mengalami peningkatan belajar siswa dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ridwan M. Daud, M.Ed Pembimbing II : Nida Jarmita, S.Pd.I,M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muliya Wahyuna
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:33
Last Modified: 05 Aug 2020 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item
View Item