Mekanisme Pemanfaatan Tanah Wakaf Milik Gampong Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Gampong Neuheun Kec. Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar)

Alfian Nur, 121209316 (2018) Mekanisme Pemanfaatan Tanah Wakaf Milik Gampong Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Gampong Neuheun Kec. Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Mekanisme Pemanfaatan Tanah Wakaf Milik Gampong Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Gampong Neuheun Kec. Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar))
Alfian Nur, 121209316, FSH, HES, 085361686898.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan tanah wakaf tentunya memberi manfaat bagi masyarakat banyak, namun dalam praktiknya masih banyak tanah wakaf yang dimanfaatkan oleh masyarakat secara pribadi atau individu. Hal ini salah satunya terjadi pada tanah wakaf di Gampong Neuheun, dimana tanah wakaf tersebut telah dijadikan sebagai lahan peternakan oleh sebagian masyarakat setempat. Dari latar belakang tersebut melahirkan tiga rumusan masalah yaitu, pertama bagaimanakah pemanfaatan tanah wakaf di Gampong Neuheun, kedua bagaimana hukum pemanfaatan tanah wakaf milik gampong menurut undang-undang perwakafan, dan ketiga bagaimana hukum pemanfaatan harta wakaf milik gampong menurut perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu suatu metode yang bertujuan memusatkan pada pembahasan serta membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta yang terjadi di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pemanfaatan tanah wakaf di Gampong Neuheun, untuk mengetahui hukum pemanfaatan harta wakaf menurut undang-undang perwakafan dan untuk mengetahui hukum pemanfaatan harta wakaf milik Gampong Neuheun menurut perspektif hukum Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama tanah tersebut dimanfaatkan dikarenakan terlantar sehingga digunakan oleh beberapa warga untuk lahan perternakan, kedua secara hukum positif penggunaan tanah wakaf oleh sebagian warga di Gampong Neuheun tersebut dilarang oleh UU No. 41 Tahun 2004 dan yang ke tiga bahwa Islam melarang pemanfaatan wakaf secara individu apabila pemanfataan tanah wakaf yang diwakafkan tidak mensyaratkan untuk sesuatu yang khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Khairani, S.Ag., M.Ag, Pembimbing II : Drs. Burhanuddin A. Gani, MA
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Tanah Wakaf, Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfian Nur
Date Deposited: 25 May 2021 03:52
Last Modified: 25 May 2021 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item
TOP