Tipologi Warung Kopi Sebagai Tempat Interaksi antara Pelanggan dengan Masyarakat Urban Kota Banda Aceh

Iqbal Fazlian, 361303469 (2018) Tipologi Warung Kopi Sebagai Tempat Interaksi antara Pelanggan dengan Masyarakat Urban Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tipologi Warung Kopi Sebagai Tempat Interaksi antara Pelanggan dengan Masyarakat Urban)
Iqbal Fazlian, 361303469, FUF, PSA, 082370086060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tipologi Warung Kopi Sebagai Tempat Interaksi antara Pelanggan dengan Masyarakat Urban Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari tipologi warung kopi di Kota Banda Aceh terhadap interaksi sosial antara pelanggan dengan masyarakat urban dan untuk mengetahui pola interaksi masyarakat pelanggan dengan masyarakat urban dilihat dari tipologi warung kopi di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, dokumentasi, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: Tipologi warung kopi di Kota Banda Aceh terdiri dari warung kopi tradisional dan modern. Adanya perbedaan ini telah berpengaruh terhadap interaksi sosial antara pelanggan dengan masyarakat urban yang mengunjungi masing-masing warkop tersebut. Pengaruh ini terlihat dari tujuan kedatangan pelanggan, materi yang didiskusikan dalam berinteraksi serta bentuk pola interaksinya. Jika interakasi di warung kopi tradisional cenderung antar invidu sedangkan para warung kopi modern cenderung adanya interaksi antar individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dan bahkan juga interaksi antar individu. Pola interaksi masyarakat pelanggan dengan masyarakat urban yang terjadi di warung kopi di Kota Banda Aceh memperlihatkan pola interaksi yang bersifat asosiatif di berbagai warung kopi yang dijadikan lokasi penelitian terlihat dalam bentuk kerja sama, akomondasi, asimilasi, dan akulturasi. Selaian itu pola interaksi masyarakat pelanggan dengan masyarakat urban di warung kopi yang terdapat di Kota Banda Aceh juga cenderung bersifat disosiatif bentuk persaingan atau kompetisi. Berbagai pola interaksi ini dilakukan oleh berbagai kelompok yang berkunjung ke warung kopi tersebut seperti kelompok politikus, pembisnis, pengusaha, kaum pelajar dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Fuad Ramly, M. Hum, 2. Fahmi Yunus, SE, MS
Uncontrolled Keywords: warung kopi, interaksi, pelanggan, masyarakat urban.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Iqbal Fazlian
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:00
Last Modified: 04 Aug 2020 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12980

Actions (login required)

View Item View Item
TOP