Analisis Pelaksanaan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah (Studi di Bank Syariah Mandiri KC. Aceh)

Uti Indana Dhulfa, 170603276 (2020) Analisis Pelaksanaan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah (Studi di Bank Syariah Mandiri KC. Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pelaksanaan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah (Studi di Bank Syariah Mandiri KC. Aceh)]
Preview
Text (Analisis Pelaksanaan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah (Studi di Bank Syariah Mandiri KC. Aceh))
Uti Indana Dhulfa, 170603276, FEBI, PS, 082279291452.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bank syariah mandiri KC. Aceh dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan musyarakah pada Bank Syariah Mandiri KC.Aceh dan kesesuaian praktik pembiayaan musyarakah dengan fatwa DSN-MUI No.08/DSN-MUI/IV/2000 tentang musyarakah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data kepustakaan dan lapangan melalui wawancara langsung dengan pihak yang menangani bagian pembiayaan musyarakah di Bank Syariah Mandiri KC. Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pembiayaan musyarakah yang dijalankan Bank Syariah Mandiri KC. Aceh dalam pelaksanannya sudah sesuai dengan fatwa NO. 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang musyarakah dalam beberapa poin, namun pada poin ketiga dalam keuntungan pada fatwa DSN-MUI dijelaskan: seorang mitra boleh mengusulkan bahwa jika keuntungan melebihi jumlah tertentu, kelebihan atau prosentase itu diberikan kepadanya. Dalam praktiknya pada BSM keuntungan sudah ditentukan menurut persentase modal jadi tidak boleh seorang mitra mengusulkan jika keuntungan melebihi jumlah tertentu, kelebihan tersebut diberikan kepadanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA. Pembimbing II : Azimah Dianah, S.E., M.Si., Ak.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Uti Indana Dhulfa
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:25
Last Modified: 06 Aug 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12993

Actions (login required)

View Item
View Item