Implementasi Konversi Akad Murabahah kepada Akad Musyarakah Mutanaqishah Pada Pembiayaan KPR di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh

Hidayatullah Jamani, 150102133 (2020) Implementasi Konversi Akad Murabahah kepada Akad Musyarakah Mutanaqishah Pada Pembiayaan KPR di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Konversi Akad Murabahah kepada Akad Musyarakah Mutanaqishah Pada Pembiayaan KPR di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh]
Preview
Text (Implementasi Konversi Akad Murabahah kepada Akad Musyarakah Mutanaqishah Pada Pembiayaan KPR di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh)
Hidayatullah Jamani, 150102133, FSH, HES, 081329223564.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Konversi Akad Murabahah kepada Akad Musyarakah Mutanaqishah Pada Pembiayaan KPR di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana analisis mekanisme konversi akad murabahah kepada akad musyarakah mutanaqishah pada produk pembiayaan KPR bermasalah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh dan bagaimana penerapannya berdasarkan fatwa yang mengatur perihal konversi akad murabahah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan kepala cabang dan manager (unit khusus) yang menangani kasus pembiayaan bermasalah di Bank Muamalat Cabang Banda Aceh. Hasil penelitian menjelaskan dalam menghadapi pembiayaan muragftbahah bermasalah pada nasabah yang prospektif (memiliki kemampuan untuk membayar) dilakukan dengan cara melakukan konversi akad murabahah menjadi akad musyarakah mutanaqishah atas barang jaminan yang masih menjadi milik Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh hingga nasabah dapat melunasi sisa angsuran dan margin pada waktu yang telah disepakati. Akad murabahah digunakan untuk membeli rumah yang ingin dimiliki oleh nasabah yang terdiri setoran pokok dan margin keuntungan yang akan diperoleh oleh bank, karena nasabah mengalami penurunan kemampuan dalam melunasi utangnya dikarenakan berbagai faktor namun masih prospektif, maka dilukukan konversi akad kepada akad musyarakah mutanaqishah. Pada akad musyarakah mutanaqishah ini nasabah tetap akan melakukan pelunasan utangnya tetapi margin keuntungan yang diambil oleh bank lebih kecil ketika menggunakan akad murabahah dan pembiayaan KPR menggunakan akad musyarakah mutanaqishah. Penerapan konversi akad murabahah kepada akad musyarakah mutanaqishah pada pembiayaan KPR di Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh telah sesuai dengan fatwa yang mengatur perihal konversi akad ini, akan tetapi pihak bank lebih menggunakan pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai restrukturisasi pembiayaan bagi bank syariah dan unit usaha syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husni Mubarak, Lc., MA. Pembimbing II : Hajarul Akbar, MA.
Uncontrolled Keywords: Murabahah, Musyarakah Mutanaqishah, Konversi akad
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatullah Jamani
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:05
Last Modified: 06 Aug 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item
View Item