Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Di Kelas X SMAN 3 Teupah Selatan.

Hardani, 150204072 (2020) Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Di Kelas X SMAN 3 Teupah Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Di Kelas X SMAN 3 Teupah Selatan.]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Di Kelas X SMAN 3 Teupah Selatan.)
Hardani, 150204072, FTK, PFS, 085370238089.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

SMAN 3 Teupah Selatan adalah tempat untuk pengambilan sampel dilakukan pada kelas X IPA1 dan IPA2. Hasil belajar peserta didik biasanya menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih minim dan belum mencapai nilai KKM. Peneliti menggunakan sebuah model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model yang digunakan adalah model Kooperatif Tipe Number Head Together, dimana model untuk penerapan model pembelajaran Number Head Together ini lebih mengedepankan partisipasi dan aktivitas peserta didik dalam mencari, mengolah dan melaporkan sendiri materi pelajaran yang telah dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Peneliti disini membentuk kelompok untuk menunjang keaktifan peserta didik dikelas eksperimen (IPA2), peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, dengan materi yang digunakan adalah elastisitas. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi-Kuadrat diperoleh data distribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 38, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,40 dan ttabel = 1,68, yang berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X SMAN 3 Teupah Selatan pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Eng. Nur Aida, M.Si Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hardani Hardani
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:05
Last Modified: 12 Aug 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item
View Item