Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Empati Anak (Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School)

Nia Kartini, 150901108 (2020) Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Empati Anak (Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Empati Anak (Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School))
Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Empati Anak (Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB) | Preview

Abstract

Ketika mesin mempunyai andil yang besar di era revolusi 4.0 ini, para psikolog dan aktivis dunia sadar bahwa jiwa empatis manusia sebagai suatu respons yang tidak dimiliki mesin sedikit demi sedikit kian tergerus. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas mendongeng dalam meningkatkan empati anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, pretest posttest control group design. Instrumen penelitian utama yang diberikan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ketika pretest dan posttest adalah Skala Empati (α=0,844). Sebelum posttest, kedua kelompok subjek penelitian diberikan waktu untuk mengerjakan puzzle sehingga perilaku empati dalam bekerja sama dapat diamati oleh observer. Hanya kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pembacaan dongeng bertemakan empati sebelum bermain puzzle. Berdasarkan uji statistik Analisis Kovarians pretest dan posttest skala empati, mendongeng terbukti efektif meningkatkan empati anak sebesar 75%. Mean kelompok eksperimen menunjukkan nilai yang lebih tinggi (mean=5,6) dari pada kelompok kontrol (mean=2,9), p=0,003 (sig

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nia Kartini Nia
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:30
Last Modified: 07 Aug 2020 07:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item
TOP