Identifikasi Tipe Stomata Pada Tumbuhan Angiospermae di Kampus UIN Ar-Raniry sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan

Nanda Khairani, 150207055 (2020) Identifikasi Tipe Stomata Pada Tumbuhan Angiospermae di Kampus UIN Ar-Raniry sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Identifikasi Tipe Stomata Pada Tumbuhan Angiospermae di Kampus UIN Ar-Raniry sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan]
Preview
Text (Identifikasi Tipe Stomata Pada Tumbuhan Angiospermae di Kampus UIN Ar-Raniry sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan)
Nanda Khairani, 150207055, FTK, PBL, 085358766937.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Stomata merupakan alat istimewa pada tumbuhan, yang merupakan beberapa sel epidermis daun, baik epidermis permukaan atas maupun bawah daun. Stomata berfungsi sebagai tempat masuknya CO2 dari udara dalam proses fotosintesis, tempat jalannya respirasi dan transpirasi sehingga stomata merupakan jaringan yang penting dalam proses metabolisme tumbuhan. Pengamatan stomata menggunakan mikroskop merupakan salah satu cara yang efektif dan mudah untuk mengetahui tipe stomata pada tumbuhan angiospermae. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 yang bertujuan untuk mengetahui tipe stomata pada tumbuhan angiospermae yang terdapat di kampus UIN Ar-Raniry sebagai referensi praktikum anatomi tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di laboratorium UIN Ar-Raniry. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode survey explorative, sedangkan untuk melihat stomata daun digunakan metode replika, yaitu pengolesan kuteks pada permukaan daun dan diidentifikasi tipe stomata menggunakan metode descriptive qualitative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe stomata yang diperoleh pada tumbuhan angiospermae yang terdapat di Kampus UIN Ar-Raniry terdiri dari 69 jenis tanaman memiliki 8 tipe stomata, yaitu tipe parasitik berjumlah 14 famili, tipe anomositik berjumlah 9 famili, tipe anisoitik berjumlah 12 famili, tipe diasitik berjumlah 6 famili, tipe monokotil I berjumlah 4 famili, tipe monokotil II berjumlah 2 famili, tipe monokotil III berjumlah 1 famili, dan tipe monokotil VI berjumlah 2 famili. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk booklet kalender dan modul praktikum sebagai referensi praktikum anatomi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe Stomata, Tumbuhan Angiospermae, Kampus UIN Ar-Raniry.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nanda Khairani
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:33
Last Modified: 11 Aug 2020 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

View Item
View Item