Tinjauan Hukum Islam Terhadap PP Nomor 57 Tahun 2003 Tentang Tata Cara Perlindungan Khusus Bagi Pelapor dan Saksi Tindak Pidana Pencucian Uang

Ira Maghfirah, 150104036 (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap PP Nomor 57 Tahun 2003 Tentang Tata Cara Perlindungan Khusus Bagi Pelapor dan Saksi Tindak Pidana Pencucian Uang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap PP Nomor 57 Tahun 2003 Tentang Tata Cara Perlindungan Khusus Bagi Pelapor dan Saksi Tindak Pidana Pencucian Uang)
Ira Maghfirah, 150104036, FSH, HPI, 085270424749.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran seorang saksi dalam suatu kasus yang terjadi dalam tindak pidana sangat penting, karena keterangan saksi akan menentukan apakah seseorang itu bersalah atau tidak dalam melakukan tindak pidana, saksi juga dianggap memiliki kemampuan untuk menentukan kemana arah putusan hakim. Dalam memberikan kesaksian saksi sering berada di bawah tekanan, di intimidasi, teror dan bahkan ancaman kematian. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diberikan perlindungan bagi pelapor dan saksi yang mana ketentuan tersebut diatur dalam PP Nomor 57 Tahun 2003. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk perlindungan hukum bagi pelapor dan saksi yang diatur dalam PP tersebut dan bagaimana pandangan hukum Islam mengenai bentuk perlindungan yang diberikan dalam PP 57/2003 bagi pelapor dan saksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji tentang norma-norma hukum yang berkaitan dengan penelitian ini menggunakan bahan pustaka dan sekunder. Kemudian penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu meneliti dengan cara menganalisa data yang diteliti dengan memaparkan data-data, kemudian diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan bagi pelapor dan saksi menurut hukum positif dengan adanya PP Nomor 57 Tahun 2003 tentang tata cara perlindungan khusus bagi pelapor dan saksi tindak pidana pencucian uang yang sebelumnya juga diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang, telah memberikan kemajuan bagi perlindungan pelapor dan saksi. Ketentuan pidana dalam hukum positf bagi pelaku yang melalakukan ancaman dan intimidasi terhadap pelapor dan saksi dapat dikenakan pidana penjara dan denda sesuai pasal yang berlaku. Menurut hukum Islam tentang perlindungan pelapor dan saksi dianjurkan dalam hukum Islam memberikan jaminan keselamatan jiwanya itu merupakan dasar hukum Islam, yang akan menciptakan keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bismi Khalidin, S.Ag., M.Si Pembimbing II : Faisal Fauzan S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pencucian Uang, Pelapor, Saksi, Tindak Pidana, Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Ira Maghfirah
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:27
Last Modified: 11 Aug 2020 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item
TOP