Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA 1 pada Materi Shalat Jenazah di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya

Farhan Nurhadi, 150201195 (2020) Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA 1 pada Materi Shalat Jenazah di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA 1 pada Materi Shalat Jenazah di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA 1 pada Materi Shalat Jenazah di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya)
Farhan Nurhadi, 150201193 , FTK, PAI, 085289062606.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Secara faktual, siswa tidak dapat sepenuhnya mengembangkan pemikiran yang telah dipelajari pada materi pelajaran terutama di bidang agama materi shalat jenazah, dan ketika seorang guru memberikan materi pendidikan agama saat itu juga siswa merasa kurang berminat, kurang termotivasi untuk mempelajari atau untuk menerimanya. Akibatnya, dapat mengurangi keefektifan proses belajar mengajar. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibutukan penggunaan metode pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang di ajarkan. Oleh karena itu, peneliti mengangkat permasalahan tersebut melalui pendekatan teoritis dan empirik dengan menggunakan metode drill atau latihan. maka tujuan penelitian ini Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IA 1 pada materi shalat jenazah SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tingkat Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, melakukan tindakan, mengamati, dan merefleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA 1 SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober-November. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Dari hasil perhitungan tes diketahui bahwa pengetahuan peserta didik mengenai bidang studi fiqh khususnya pada pokok bahasan fardhu kifayah tentang shalat jenazah sebelum dan setelah adanya peningkatan pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Suyanta, M.Ag, Pembimbing II : Wanty Khaira, S.Ag., M.Ed,
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar siswa Pada materi Shalat Jenazah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Nurhadi
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:22
Last Modified: 11 Aug 2020 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13030

Actions (login required)

View Item
View Item