Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Cut Ferras Dwi Kartika, 150207103 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative  Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas  Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2  Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh)
Cut Ferras Dwi Kartika, 150207103, FTK, PBL, 085260214206.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas dan hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang sesuai pada materi yang akan diajarkan, sehingga dapat memunculkan kreativitas dan hasil belajar yang diharapkan. Model pembelajaran cooperative tipe mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi sistem gerak manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Banda Aceh, yang terdiri dari 6 kelas, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 yang terdiri dari 27 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati kreativitas belajar siswa dan soal tes (multiple choice) untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data kreativitas belajar siswa dalam membuat mind mapping menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata persentase kreativitas belajar siswa pertemuan pertama 80.6% dengan kategori kreatif, pertemuan kedua meningkat dengan rata-rata persentasenya yaitu 90.6% dengan kategori sangat kreatif, pertemuan ketiga terus meningkat dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori sangat kreatif. Sehingga memperoleh total rata-rata kreativitas belajar siswa yaitu 88% dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 31 dan ttabel = 1,70 dengan derajat bebas (db) 26 pada taraf signifikan 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung 31 ≥ ttabel = 1,70) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran cooperative tipe mind mapping pada materi sistem gerak manusia berpengaruh terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Hasil Belajar Siswa, Cooperative Tipe Mind Mapping, Sistem Gerak Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Ferras Dwi Kartika
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:37
Last Modified: 11 Aug 2020 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item
View Item