Analisis Pertanggungan Risiko Pada Akad Muḍārabah (Studi Kasus Pada Usaha Angkutan Umum PT. Mentari Tour Utama)

Heri Syahputra, 121108955 (2018) Analisis Pertanggungan Risiko Pada Akad Muḍārabah (Studi Kasus Pada Usaha Angkutan Umum PT. Mentari Tour Utama). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pertanggungan Risiko Pada Akad Muḍārabah  (Studi Kasus Pada Usaha Angkutan Umum PT. Mentari Tour Utama)]
Preview
Text (Analisis Pertanggungan Risiko Pada Akad Muḍārabah (Studi Kasus Pada Usaha Angkutan Umum PT. Mentari Tour Utama))
Heri Syahputra, 121108955, HES, FSH, 085373505777.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu transaksi yang paling banyak dilakukan dalam dunia usaha yaitu bagi hasil atau dalam istilah fiqh muamalah disebut muḍārabah. Salah satunya adalah praktik bagi hasil antara perusahaan travel yang bergerak di bidang jasa angkutan orang dengan driver yang bekerja di perusahaan travel tersebut. Sistem bagi hasil yang dimaksud disini adalah bentuk kerjasama antara pihak penyedia dana yang menyertakan modal dengan pihak lain sebagai pengelola yang memiliki keahlian (skill) dan apabila terdapat keuntungan maka hal ini akan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Persentase pembagian hasil adalah 70 % (persen) untuk ṣāḥibul māl dan 30 % (persen) untuk muḍārib. Dalam tulisan ini penulis mengkaji bagaimana pertanggungan risiko yang dijalankan dalam usaha kerjasama angkutan umum antar kota serta bagaimana pengendalian risiko dalam bisnis ini dengan konsep muḍārabah yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa segala bentuk risiko yang berkaitan dengan mobil ditanggung oleh pemilik mobil, jika driver melakukan kelalaian seperti hilangnya mobil atau sparepart mobil maka pemilik hanya memberi peringatan hingga dua kali, dan untuk selanjutnya secara sepihak pemilik mobil memutuskan kontrak. Karena bentuk kerjasama yang dilakukan keduanya hanya secara lisan. Dalam hal pengendalian risiko pemilik mobil melakukan pengawasan terhadap driver agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu bentuk pengawasan misalnya selalu melakukan komunikasi setiap tiba diloket tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bismi Khalidin, S.Ag., M.Si, Pembimbing II : Faisal Fauzan, S.E., M.Si, Ak., CA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Heri Syahputra
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:46
Last Modified: 11 Aug 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item
View Item