Penerapan Strategi Prediction Guide Melalui Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh

Siti Sarah, 150209030 (2020) Penerapan Strategi Prediction Guide Melalui Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Strategi Prediction Guide Melalui Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh)
Siti Sarah, 150209030, FTK, PGMI, 085359418272.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti di MIN 5 Kota Banda Aceh, ditemukan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV/C masih rendah. Guru menggunakan strategi dan media yang kurang sesuai dan kurang menarik sehingga membuat siswa tidak paham dengan materi yang diajarkan. Media pembelajaran yang digunakan hanya buku sehingga siswa tidak mendapatkan banyak kosakata untuk membantu mereka terampil dan lancar dalam berbicara. Strategi prediction guide merupakan suatu proses membuat dugaan terhadap peristiwa yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan strategi prediction guide melalui media film kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan strategi prediction guide melalui media film kartun. 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh setelah penerapan strategi prediction guide melalui media film kartun. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV/C yang berjumlah 41 siswa. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes praktik. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 88,75% dalam kategori baik sekali dan pada siklus II meningkat menjadi 97,5% dalam kategori baik sekali. 2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 56,25 % dalam kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 78,75% dalam kategori baik. (3) Hasil tes praktik keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai 48,78% dalam kategori gagal dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dalam kategori baik yang menunjukkan siswa telah tuntas secara klasikal. Hal ini sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia di MIN 5 Kota Banda Aceh yaitu 70 dan pencapaian nilai ketuntasan klasikal yaitu 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi prediction guide melalui media film kartun dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV/C MIN 5 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yuni Setia Ningsih, S.Ag.,M.Ag Pembimbing II : Fithriyah, S.Ag., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Sarah
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:05
Last Modified: 11 Aug 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item
TOP