Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI di SD Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar

Ira Mutiara, 211120997 (2017) Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI di SD Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI di SD Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar)
Ira Mutiara, 211120997, FTK, PAI, 085260836340.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam membimbing siswa dan melaksanakan pembelajaran, mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengadakan evaluasi hasil belajar, dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, agar pembelajaran menjadi lebih terarah. Oleh karenanya, diperlukan adanya kompetensi bagi setiap guru yang merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam mengajar, kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik. Realita dilapangan menunjukkan bahwa masih ada sebagian guru PAI belum sepenuhnya memahami kompetensi pedagogik, mengingat kompetensi guru sangat penting dalam pembelajaran guna untuk menentukan keberhasilan belajar siswa dan juga sebagai motivasi terhadap anak didik. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana kompetensi guru PAI dalam memahami landasan pendidikan di SD Siem Kec. Darussalam Aceh Besar? Bagaimana kompetensi guru PAI dalam mengembangkan kurikulum/silabus dan rancangan pembelajaran di SD Siem Kec. Darussalam Aceh Besar? Bagaimana kompetensi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis serta evaluasi hasil belajar di SD Siem Kec. Darussalam Aceh Besar? Bagaimana kompetensi guru PAI dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya di SD Siem Kec. Darussalam Aceh Besar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian terhadap fakta-fakta yang ada saat sekarang dan melaporkan seperti apa yang terjadi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan kompetensi pedagogik guru PAI di SD Siem Kec. Darussalam Aceh Besar masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini dikarenakan guru yang belum melaksanakan kompetensi pedagogik sesuai dengan apa yang telah direncanakan, terkait dalam pengembangan kurikulum telah mengembangkan kurikulum dengan baik, sesuai dengan apa yang dipelajarinya. Terkait pelaksanaan pembelajaran metode yang digunakan dalam memberikan pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan metode demonstrasi. Kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya waktu dan media pembelajaran, dan kurangnya kerja sama antara guru dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar M. Nur, M.Pd Pembimbing II : Zulfatmi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ira Mutiara Ira
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:57
Last Modified: 12 Aug 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item
TOP