Persepsi Mahasiswi Tentang Pengaruh Labelitas Halal Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Boyna Amri, 121309981 (2019) Persepsi Mahasiswi Tentang Pengaruh Labelitas Halal Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswi Tentang Pengaruh Labelitas Halal Terhadap Keputusan Menggunakan Produk   Kosmetik (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswi Tentang Pengaruh Labelitas Halal Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Boyna Amri, 121309981, FSH, HES, 085282481901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep halal bagi muslim bersifat menyeluruh, mulai dari aspek baik, bersih, bisa dikonsumsi, bisa digunakan, sampai pada kebolehan dibawa ke dalam shalat. Untuk memudahkan, diperlukan labelisasi halal sehingga konsumen dengan mudah mengidentifikasi produk dengan label halal di atasnya, di samping itu mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim maka dari itu kepastian tentang kehalalan produk merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam upaya pemenuhan kebutuhannya, seseorang akan memilih produk yang dapat memberikan kepuasan tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswi Fakultas syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengenai labelitas halal pada kemasan produk kosmetik, bagaimana pengaruh labelitas halal terhadap keputusan mahasiswi Fakultas Syariah menggunakan produk kosmetik dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap labelitas halal produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dan hanya mahasisiwi 2018 di setiap prodi. Analisis data di gunakan dengan teknik Propotionate stratified random sampling untuk menghasilkan persentase atau sampel yang akan diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa labelitas halal pada suatu kemasan itu penting karena bisa memberikan kemudahan dan perlindungan hukum terhadap konsumen. Mengenai pengaruh label halal pada produk kosmetik, mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum menyatakan ada pengaruhnya, tetapi mereka tidak menganggapnya identik. Bahkan produk yang banyak diminati konsumen tidak lagi dipertanyakan kehalalannya. Dalam hukum Islam memakai produk yang tidak berlabelitas halal pada kemasan tidak di anjurkan dan terkait sahnya shalat bagi orang yang memakai kosmetik harus di bersihkan terlebih dahulu sampai bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jabbar, MA Pembimbing II : Badri, S.HI., MH
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Boyna Amri
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:00
Last Modified: 12 Aug 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item
View Item