Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Sparepart Bekas Kendaraan (Studi Kasus di Lampaseh Aceh Banda Aceh)

Fajar Muriza, 121309960 (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Sparepart Bekas Kendaraan (Studi Kasus di Lampaseh Aceh Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Sparepart Bekas Kendaraan (Studi Kasus di Lampaseh Aceh Banda Aceh)]
Preview
Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Sparepart Bekas Kendaraan (Studi Kasus di Lampaseh Aceh Banda Aceh))
Fajar Muriza, 121309960, FSH, HES, 082298346951.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penetapan harga dilakukan oleh para pedagang sparepart bekas kendaraan dengan berbagai pertimbangan. Berbagai metode penetapan harga tidak dilarang dalam Islam dengan ketentuan harga yang ditetapkan oleh pihak penjual tidak menzalimi para pembeli, yaitu tidak mengambil keuntungan di atas normal atau tingkat kewajaran, yaitu harga yang diridhai oleh pihak pedagang dan pihak pembeli. Penelitian karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui apa alasan dan tujuan penetapan harga sparepart bekas kendaraan di Pasar Loak Lampaseh Aceh Banda Aceh, dan bagaimana ketentuan fiqih terhadap penetapan harga sparepart bekas kendaraan di Pasar Loak Lampaseh Aceh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dari para pihak yang dijadikan informan penelitian. Teknik wawancara dilakukan dengan terjun langsung menjumpai pihak-pihak yang diwawancarai. Hasil penelitian ini di temukan bahwa penetapan harga dalam jual beli sparepart bekas kendaraan di pasar Loak Lampaseh Aceh Banda Aceh ini di lakukan karena pertimbangan para pedagang mengeluarkan modal untuk mempebarui kembali sparepart bekas tersebut. Selain itu juga karena faktor adanya kelangkaan barang dan kedekatan antara penjual dan pembeli. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan disimpulkan bahwa penetapan harga sparepart bekas kendaraan di pasar Loak Lampaseh Aceh Banda Aceh sudah sesuai dengan konsep harga dalam Islam. Begitu pula dengan rukun dan syarat dalam jual belinya jugsa sudah sesuai terpenuhi. Namun begitu, ada pula pedagang yang nakal yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli untuk meraih untung yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jabbar, MA Pembimbing II : Azmil Umur, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.28 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya dibidang Muammalat, Termasuk Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fajar Muriza
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:59
Last Modified: 12 Aug 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item
View Item