Pengaruh Penggunaan Celemek Bergambar Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah

Sumiati, 150210007 (2020) Pengaruh Penggunaan Celemek Bergambar Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Celemek Bergambar Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah)
Sumiati, 150210007, FTK, PIAUD, 082332996707.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Celemek Bergambar perlu digunakan untuk anak usia dini sebagai upaya meningkatkan keterampilan sosial. Hasil observasi awal di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah ditemukan bahwa anak belum mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan, anak belum mampu bekerjasama dengan teman lain, anak memilih-milih teman dalam bermain, anak bertingkah laku wewenang lebih berkuasa daripada teman lain dan anak yang sering mengganggu teman lain. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan celemek bergambar terhadap keterampilan sosial anak usia dini pada kelompok B di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat Pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest dan posttest design yaitu desain penelitian yang terdapat pretest (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan). Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji-T dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan celemek bergambar terhadap keterampilan sosial anak. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai rata-rata pretest dan post-test. Pada thitung = 23,89, sedangkan ttabel = 2,10. Berarti bahwa thitung > ttabel atau 23,89 > 2,10. Dengan demikian sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa celemek bergambar berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak usia dini pada kelompok B di TK IT Al-Hikmah Aceh Tengah tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Loeziana Uce, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Rafidhah Hanum M.Pd
Uncontrolled Keywords: Celemek Bergambar dan Keterampilan Sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sumiati Sumiati
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:58
Last Modified: 13 Aug 2020 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item
TOP