Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Wirda Hari Yani, 150207098 (2019) Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Banda Aceh)
Wirda Hari Yani, 150207098, FTK, PBL, 05260554722.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMA Negeri 2 Banda Aceh masih berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses belajar. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan media yang belum bervariasi dan kurangnya variasi dalam penggunaan media ini berdampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media ular tangga pada materi struktur sel pada jaringan hewan. Rancangan penilitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dalam desain pre test and post test group. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Banda Aceh terdiri dari 6 kelas dengan sampel kelasXI IPA 6 dengan jumlah siswa 33. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kriteria tingkat kemampuan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dalam bermain media ular tangga dan soal tes (multiple choice) untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas belajar siswa dalam bermain ular tangga menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 71,6 % dengan kategori aktif dan pertemuan II sebesar 76% dengan kategori aktif. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung 35,68 dan ttabel 1,69 dengan derajat bebas (db) 32 pada taraf signifikan 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung 35,68 ≥ ttabel 1,69) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan media ular tangga pada materi Sruktur Sel pada Jaringan Hewan berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Ular Tangga, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wirda Hari Yani
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:51
Last Modified: 13 Aug 2020 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item
TOP