Analisis Peran Guru dalam Menghafalkan Al-Quran dengan Menggunakan Metode Kinestetik di TK Bait Qurany Saleh Rahmany

R.A Uswatun Hasanah, 150210054 (2019) Analisis Peran Guru dalam Menghafalkan Al-Quran dengan Menggunakan Metode Kinestetik di TK Bait Qurany Saleh Rahmany. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Peran Guru dalam Menghafalkan Al-Quran dengan Menggunakan Metode Kinestetik di TK Bait Qurany Saleh Rahmany)
R.A Uswatun Hasanah, 150210054, FTK, PIAUD, 085373209898.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru berperan penting terhadap pendidikan anak terutama dalam menghafalkan Al-Quran. Guru di TK Bait Qurany Saleh Rahmany menggunakan metode kinestetik dalam menghafalkan Al-Quran. Penggunaan metode ini berbeda dengan metode lain pada umumnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menganalisa bagaimana peran guru dalam menggunakan metode kinestetik di TK Bait Qurany Saleh Rahmany kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menghafalkan Al-Quran dengan menggunakan metode kinestetik. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dengan format cheklist dan wawancara. Teknik analisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasilnya menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam menghafalkan Al-Quran dengan menggunakan metode kinestetik karena pengunaan metode kinestetik tidak terlepas dengan bantuan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: R.A Uswatun Hasanah
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:49
Last Modified: 14 Aug 2020 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item
TOP