Pengembangan Alat Destilasi Sederhana pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Man 6 Aceh Besar

Dwi Bunga Ramayani, 150208046 (2019) Pengembangan Alat Destilasi Sederhana pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Man 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Alat Destilasi Sederhana pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Man 6 Aceh Besar)
Dwi Bunga Ramayani, 150208046, FTK, PKM, 082262407518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dengan guru bidang studi kimia di MAN 6 Aceh Besar, menunjukkan bahwa di sekolah tersebut guru tidak menggunakan media saat melakukan pembelajaran pada materi sifat koligatif larutan. Sekolah tersebut sudah ada laboratorium tetapi belum digunakan secara optimal dan belum tersedia alat destilasi, maka peneliti mengembangkan alat destilasi sederhana pada materi sifat koligatif lautan, dengan adanya penelitian yang dilakukan diharapkan dapat membantu proses pembelajaran. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah media pembelajaran alat destilasi sederhana yang dikembangkan valid digunakan?; (2) Bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran alat destilasi sederhana yang dikembangkan?; (3) Bagaimana respon guru terhadap media pembelajaran alat destilasi sederhana yang dikembangkan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, angket respon peserta didik dan guru kimia. Hasil yang diperoleh dari kedua validator sejumlah 91,57% kategori sangat valid, hasil persentase respons peserta didik diperoleh 73,21% kategori positif, dan hasil persentase respon guru 96,66% kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media alat destilasi sederhana pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan di MAN 6 Aceh Besar sangat valid, mendapatkan respon positif dari peserta didik, dan respon sangat positif dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sabarni, M.Pd Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Dwi Bunga Ramayani
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:21
Last Modified: 13 Aug 2020 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item
TOP