Pengembangan Modul Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Takengon

Rahmani Fitria Ningsih, 150208044 (2019) Pengembangan Modul Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Takengon. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Takengon)
Rahmani Fitria Ningsih, 150208044, FTK, PKM, 081362547234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kreatifitas dan inovasi guru mata pelajaran kimia dalam pengembangan bahan ajar merupakan salah satu permasalahan rendahnya inovasi dalam pembelajaran. Bahan ajar berperan penting dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dari jawaban hasil wawancara terhadap guru kimia di SMA Negeri 2 Takengon. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian dan pengembangan modul pada materi ikatan kimia diharapkan dapat membantu proses pembelajaran kimia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana validitas, respon peserta didik, dan respon guru kimia terhadap modul yang dikembangkann di SMA Negeri 2 Takengon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model Sugiyono, dengan analisis data menggunakan rumus persentase sedangkan data pada penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, angket respon peserta didik, dan guru kimia. Berdasarkan hasil isian validasi modul, diperoleh total persentase dari keenam validator yaitu validator media sebesar 93,33%, validator materi sebesar 87,5%, dan validator bahasa sebesar 90%, dengan persentase rata-rata validator adalah sebesar 90,27% dengan kriteria sangat valid. Respon guru kimia sangat baik yaitu sebesar 96,36% tergolong dalam kategori sangat positif. Hasil persentase respon peserta didik pada kelompok kecil sebesar 52% dengan kategori biasa dan respon peserta didik pada kelompok besar sebesar 77% dengan kategori positif. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul sangat valid dan menghasilkan respon yang positif jika dijadikan sebagai bahan ajar khususnya pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muammar Yulian, M.Si Pembimbing II : Safrijal, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahmani Fitria Ningsih
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:22
Last Modified: 13 Aug 2020 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item
TOP