Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Transportasi Online Grab Di Banda Aceh

Rhouzhatun Nisa, 150901056 (2020) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Transportasi Online Grab Di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Transportasi Online Grab Di Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Transportasi Online Grab Di Banda Aceh)
Rhouzhatun Nisa, 150901056, FIP, PSI, 082167647077.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu fakta yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasn konsumen transportasi online Grab di Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 konsumen transportasi online Grab di Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml & Berry dan teori kepuasan konsumen yang dikemukakan oleh Willkie dengan model skala likert. Data dianalisis menggunkan uji korelasi product moment Pearson dengan bantuan program SPSS 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skala kualitas pelayanan memiliki nilai reliabilitas 0,877 dan skala kepuasan konsumen 0,895 yang artinya bahwa kedua nilai tersebut dikategorikan tinggi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen transportasi online Grab di Banda Aceh dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,752 dengan taraf signifikansi 0,000 ( < 0,05). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan maka akan diikuti dengan semakin meningkat kepuasan konsumen transportasi online Grab di Banda Aceh. Sebaliknya semakin rendah kualitas pelayanan yang diberikan maka akan diikuti dengan semakin rendah pula kepuasan konsumen transportasi online Grab di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Transportasi Online Grab.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rhouzhatun Nisa
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:38
Last Modified: 14 Aug 2020 07:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item
View Item