Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Tenaga Administrasi di MAN 2 Aceh Selatan

Reka Seroja, 150206024 (2020) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Tenaga Administrasi di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Tenaga Administrasi di MAN 2 Aceh Selatan)
Reka Seroja, 150206024, FTK, MPI, 082281554540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala madrasah merupakan kekuatan yang sangat penting dalam pembinaan kinerja tenaga administrasi. Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan atau kecakapan dan keterampilan yang diperlukan dalam melaksanakan kepemimpinannya. Kepala madrasah adalah figur utama yang dapat memberikan contoh dan perilaku yang baik bagi bawahannya baik buruknya hal-hal yang diterapkan oleh kepala madrasah, maka itu yang dicontoh oleh bawahannya. Tujuan dari penelitian skripsi ini untuk mengetahui bagaimana gaya kepemiminan kepala MAN 2 Aceh Selatan, untuk mengetahui progam kepala madrasah dalam pembinaan kinerja tenaga administrasi MAN 2 Aceh Selatan dan untuk mengetahui peluang dan hambatan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinan kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, kepala tenaga aministrasi madrasah dan personil tenaga administrasi madrasah. Tehnik pengumpulan data penelitan ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa pertama, gaya kepemmpinan yang diterapkan oleh kepala MAN 2 Aceh Selatan adalah gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan ohio yang mana gaya kepemimpinan ohio melahirkan dua faktor kepemimpinan yaitu konsiderasi dan inisiasi. Kedua, Program pembinaan kinerja tenaga adminisrasi telah terlaksna dengan baik, programnya antara lain Rencana Kerja Madrsah (RKM), Rencana Pengembangan Madrasah (RPM), adanya Job Description, pelatihan pengembangan pola pikir tenaga kependidikan, pembinaan dari hati kehati, memupuk rasa persaudaraan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Ketiga, hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam pembinaan kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Aceh Selatan yaitu adanya hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal kurangnya kompetensi kepribadian tenaga administrasi madrasah dan hambatan eksternal yaitu sarana dan prasarana yang dibutuhkan tenaga administrasi dalam bekerja belum mencukupi. Adapun peluang kepala madrasah dalam pembinaan kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Aceh Selatan terlihatdari kepala madrasah mampu bersikap stabil dalam setiap situasi dan mengatasi permasalahan atau hambatan yang ada dengan cara bijak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman,M.Ag Pembimbing II : Nurussalami, M.Pd
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reka Seroja
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:04
Last Modified: 18 Aug 2020 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item View Item
TOP