Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Rahma Julia, 150208037 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 11 Banda Aceh.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Partner Switch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 11 Banda Aceh.)
Rahma Julia, 150208037, FTK, PKM, 082370526732.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Materi ikatan kimia merupakan salah satu materi yang menuntut siswa lebih banyak mengingat dan memahami sehingga siswa sering mengalami masalah dalam mempelajarinya. kesulitan siswa dalam mengingat dan memahami materi ikatan kimia dapat diatasi menggunakan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Oleh karena itu peneliti menggunakan model Partner Switch sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru, siswa, respon siswa serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Partner Switch pada materi ikatan kimia?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X-IA-3 berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar dan angket. Data observasi dan respon siswa dianalisis dengan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru siklus I yaitu 75%, siklus II 84,61%, dan meningkat pada siklus III menjadi 97,11%. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 72,11%, pada siklus II sebesar 83,65% dan siklus III sebesar 90,38%. Persentase respon siswa sebanyak 95,83%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 50,41 pada siklus I, siklus II 58,05 dan siklus III 89,02. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 36,11% , siklus II 58,33%, dan pada siklus III menjadi 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Partner Switch pada materi ikatan kimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ramli Abdullah, M.Pd, Pembimbing II : Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Partner Switch, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahma Julia
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:05
Last Modified: 19 Aug 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item
View Item