Faktor Penyebab Meningkatnya Kekerasan terhadap Anak dan Tata Cara Penyelesaiannya Menurut Hukum Keluarga Islam (Studi Penelitian pada P2TP2A Kota Banda Aceh)

Nafisah Azzahra, 150101026 (2020) Faktor Penyebab Meningkatnya Kekerasan terhadap Anak dan Tata Cara Penyelesaiannya Menurut Hukum Keluarga Islam (Studi Penelitian pada P2TP2A Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Faktor Penyebab Meningkatnya Kekerasan terhadap Anak dan Tata Cara Penyelesaiannya Menurut Hukum Keluarga Islam (Studi Penelitian pada P2TP2A Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Faktor Penyebab Meningkatnya Kekerasan terhadap Anak dan Tata Cara Penyelesaiannya Menurut Hukum Keluarga Islam (Studi Penelitian pada P2TP2A Kota Banda Aceh))
Nafisah Azzahra, 150101026, FSH, HK, 082323805844.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan tumpuk harapan masa depan bagi keluarga dan negara, sehingga perlunya perhatian khusus bagi anak agar tumbuh dan berkembang secara normal baik dalam bentuk fisik maupun psikologi itu sendiri. Dengan demikian, pentingnya untuk menjaga dan menjamin kelangsungan hidup bagi anak guna menciptakan generasi penerus bangsa. Dalam hukum keluarga Islam, hadhanah diatur kewajiban untuk mengasuh, mendidik mengayomi dan lain-lain. Namun pada prakteknya dalam masyarakat masih banyak orang tua yang tidak mengasuh anaknya dengan baik sesuai dengan aturan hukum, seperti maraknya kekerasan yang terjadi pada anak saat ini. Berdasarkan data yang telah diperoleh diketahui bahwa tingkat kekerasan terhadap anak yang terjadi di Banda Aceh telah meningkat selama 2 tahun terakhir yaitu dari 2017 hingga 2018, ini menjadi salah satu dampak negatif bagi kinerja Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) itu sendiri. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan hasil survey yang pernah dilakukan oleh penulis pada Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) sebagai penunjang data awal dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui faktor-faktor penyebab kekerasan terhadap anak yang ada di Kota Banda Aceh, apa saja kendala P2TP2A dalam menangani kekerasan terhadap anak yang ada di kota Banda Aceh, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tata cara penyelesaian kasus kekerasan pada anak oleh P2TP2A kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan terhadap anak di Kota Banda Aceh ialah faktor ekonomi, keluarga, sosial, dan faktor persiapan pernikahan. Kemudian adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh P2TP2A Kota Banda Aceh dalam menyelesaikan kasus kekerasan terhadap anak adalah Orang tua yang tidak mau melaporkan kasus kekerasan yang terjadi kepada anaknya pada T2TP2A karena dirasakan sebagai aib keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bismi Khalidin, S.Ag., M.Si Pembimbing II : Bustamam Usman, S.H.I., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.37 Menyusui dan Mengasuh / Memelihara Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Susi Yanti Susi
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:06
Last Modified: 19 Aug 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item
View Item