Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Dana Desa di Perkampungan Suku Gayo dan Suku Jawa (Studi Komparasi di Kampung Blang Rongka dan Mekar Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh)

Arapah, 150305039 (2019) Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Dana Desa di Perkampungan Suku Gayo dan Suku Jawa (Studi Komparasi di Kampung Blang Rongka dan Mekar Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Dana Desa di perkampungan Suku Gayo dan Suku Jawa (Studi komparasi di kampung Blang Rongka dan Mekar Ayu kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah provinsi Aceh))
Arapah, 150305039, FUF, SA, 081262951827.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dana desa merupakan dana yang di peruntukkan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan di kampung. Dalam pengelolaannya, dana desa ini terdiri dari beberapa tahap seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Partisipasi masyarakat adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat perkampungan dan kebudayaan menjadi salah satu faktor pendorong partisipasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa, pembangunan apa sajakah yang telah terealisasi dan apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambat jalannya partisipasi masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif yang di peroleh dari hasil observasi dan wawancara serta dokumentasi. Dengan metode analisis data kualitatif model interaktif.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah; masyarakat Blang Rongka dan Mekar Ayu sudah berpartisipasi dalam pengelolaan dana desa, namun unsur perempuan masih sangat sedikit. Partisipasi masyarakat Blang Rongka masih dalam tahap perencanaan. Berbeda dengan masyarakat Mekar Ayu, masyarakat telah berpartisipasi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan juga pengawasan atau evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Taslim H.M. Yasin, M.Si Pembimbing II : Arfiansyah, S.Fil.I, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Arapah Arapah
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:02
Last Modified: 19 Aug 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item
TOP