Perlindungan Pekerja Bagian Pelayanan Teknik pada PT. PLN (Persero) Kota Banda Aceh dalam Perspektif Akad Kafālah

Muhammad Aqil Azizi, 160102056 (2020) Perlindungan Pekerja Bagian Pelayanan Teknik pada PT. PLN (Persero) Kota Banda Aceh dalam Perspektif Akad Kafālah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Perlindungan Pekerja Bagian Pelayanan Teknik pada PT. PLN (Persero) Kota Banda Aceh dalam Perspektif Akad Kafālah)
Skripsi Muhammad Aqil Azizi, 160102056, FSH, HES, 085270873552.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. PLN (Persero) masih menggunakan sistem outsourcing dalam perekrutan tenaga kerjanya dan juga dalam memperkerjakan karyawan pada bagian pelayanan teknik yang memiliki tingkat risiko pekerjaan sangat tinggi, Namun perlindungan keselamatan terhadap pekerja masih sangat rendah, hal ini akan berdampak secara signifikan terhadap keselamatan kerja karyawan. Berdasarkan fakta tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana perlindungan hukum terhadap keselamatan kerja karyawan bagian pelayanan teknik pada PT.PLN (persero) kota Banda Aceh? Bagaimana bentuk jaminan keselamatan kerja karyawan pelayanan teknik terkait perusahaan outsourcing ? serta Bagaimana pertanggungan resiko yang dilakukan oleh PT. PLN (persero) dengan perusahaan outsourcing terhadap keselamatan kerja dalam perspektif akad Kafālah?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dimana data yang diperoleh bersumber dari hasil pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum keselamatan kerja yang diterapkan kepada karyawan bagian pelayanan teknik pada PT. PLN (Persero) UP3 Banda Aceh masih rendah dan belum optimal dimana PT PLN (Persero) belum memberikan suatu kondisi keselamatan kerja yang optimal yang meliputi pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) secara efektif dan maksimal sesuai standar bagi tenaga kerjanya pada pelaksanaan pekerjaan yang berpotensi bahaya, Melakukan Pekerjaan sesuai SOP, Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan, bekerja sesuai ketentuan K3 dan K2, jaminan tambahan terhadap kecelakaan kerja diluar BPJS. Pertanggungan risiko terhadap keselamatan yang dilakukan sesuai dengan tinjauan konsep kafālah dalam fiqh muamalah dimana pertanggungan keselamatan kerja yang dilakukan bertumpu pada konsep tolong-menolong dan saling membantu dalam menanggung keselamatan pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misran S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Badri, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Pekerja, Pelayanan teknik, Akad Kafālah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.312 Pekerja
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Aqil Azizi
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:07
Last Modified: 19 Aug 2020 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13096

Actions (login required)

View Item View Item
TOP