Pola Distribusi Ikan Depik (Rasbora tawarensis l.) Di Danau Laut Tawar Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan

Mira Setiawati R, 160207036 (2020) Pola Distribusi Ikan Depik (Rasbora tawarensis l.) Di Danau Laut Tawar Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pola Distribusi Ikan Depik (Rasbora tawarensis l.) Di Danau Laut Tawar Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan)
Mira Setiawati R, 160207036, FTK, PBL, 081360565654.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang pola distribusi ikan Depik (Rasbora tawarensis) di kawasan perairan Danau Laut Tawar yang dilakukan pada bulan Februari - Maret 2020. Pola distribusi merupakan salah satu materi pada mata kuliah Ekologi Hewan. Pola distribusi pada ikan Depik (Rasbora tawarensis) perlu diketahui karena populasinya yang terus mengalami penurunan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pola distribusi ikan Depik (Rasbora tawarensis) di Danau Laut Tawar dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi penunjang dalam praktikum Ekologi Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survey Eksploratif yang dikombinasi dengan Belt Transect, pengamatan dilakukan pada 7 stasiun dengan memasang perangkap ikan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus indeks dispersi morisita. Hasil penelitian diperoleh indeks morisita ikan Depik dengan nilai 3,69 yang berarti nilai Iδ > 1, berdasarkan nilai tersebut maka kriteria distribusi ikan Depik di Danau Laut Tawar tergolong mengelompok. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku saku dan modul praktikum sebagai media penunjang praktikum Ekologi Hewan. Hasil uji kelayakan buku saku dan modul praktikum oleh validator diperoleh masing-masing skor dengan persentase 84% untuk buku saku dan 80% untuk modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Ikan Depik (Rasbora tawarensis), Danau Laut Tawar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mira Setiawati R Mira
Date Deposited: 19 Aug 2020 09:10
Last Modified: 19 Aug 2020 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item
TOP