Uji Efektivitas EM-4 Dalam Mendegradasi Total Petroleum Hydrocarbon Pada Limbah Oli

Nadia Meika Putri, 150702079 (2020) Uji Efektivitas EM-4 Dalam Mendegradasi Total Petroleum Hydrocarbon Pada Limbah Oli. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Uji Efektivitas EM-4 Dalam Mendegradasi Total Petroleum Hydrocarbon Pada Limbah Oli]
Preview
Text (Uji Efektivitas EM-4 Dalam Mendegradasi Total Petroleum Hydrocarbon Pada Limbah Oli)
Nadia Meika Putri, 150702079, FST, TL, 082166013461.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Limbah oli termasuk limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dapat merusak lingkungan jika dibuang langsung ke alam tanpa pengolahan. Kandungan hidrokarbon di dalam limbah oli tidak hanya merusak lingkungan tetapi juga berbahaya bagi manusia, karena bersifat karsinogen. Pemanfaatan Effective Microorganisms-4 (EM-4) pada penelitian sebelumnya mampu mendegradasi kadar total petroleum hydrocarbon (TPH) pada tanah terkontaminasi limbah hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi EM-4 dan waktu pengolahan terhadap penurunan kadar TPH pada limbah oli dengan tanpa pengenceran dan dengan pengenceran. Pengolahan limbah oli dilakukan dengan memanfaatkan EM-4 dengan konsentrasi 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%, serta dengan waktu pengolahan yaitu 0 hari, 4 hari, 8 hari, dan 12 hari. Pengukuran kadar TPH dilakukan dengan metode gravimetri. Dalam penelitian ini juga dilakukan analisis total plate count (TPC), analisis gugus fungsi menggunakan fourier transform infrared (FTIR), dan pengukuran pH. Hasil analisis menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi EM-4 pada pengolahan oli dengan tanpa pengenceran maupun dengan pengenceran tidak memberi pengaruh signifikan terhadap penurunan kadar TPH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abd Mujahid Hamdan, M.Sc Pembimbing II : Husnawati Yahya, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Effective Microorganisms-4 (EM-4), limbah oli, total petroleum hydrocarbon (TPH).
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nadia Meika Putri
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:18
Last Modified: 19 Aug 2020 07:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item
View Item