Deteriorasi Habitat Dan Pakan Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) Di Kawasan Rawa Tripa Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perubahan Lingkungan

Susi Mulia Ulva, 160207052 (2020) Deteriorasi Habitat Dan Pakan Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) Di Kawasan Rawa Tripa Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Deteriorasi Habitat Dan Pakan Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) Di Kawasan Rawa Tripa Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perubahan Lingkungan)
Susi Mulia Ulva, 160207052, FTK, PBL, 082165074128.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kelestarian habitat Orangutan yang akan berpengaruh terhadap pohon pakan akan terlindungi apabila didukung oleh pengetahuan siswa sebagai generasi penerus bangsa yang sangat berperan penting bagi kelanjutan hidup Orangutan di masa yang akan datang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat deteriorasi habitat dan pakan Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Kawasan Rawa Tripa untuk dijadikan sebagai pembelajaran kepada siswa yang akan tercantum di dalam media pembelajaran dalam bentuk video, buku ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa SMA Negeri 3 Darul Makmur Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya terhadap pentingnya peran Orangutan bagi ekosistem alam. Rancangan penelitian dan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa luas wilayah yang mengalami deteriorasi habitat mencapai 11.141, 657 hektar. Tumbuhan yang menjadi pohon pakan Orangutan Sumatera terdiri atas 8 spesies dari 5 familia. Deteriorasi yang terjadi di Pulo Kruet mengakibatkan jumlah pohon pakan yang ditemukan terbatas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu indeks keanekaragaman jenis pohon pakan pada seluruh titik stasiun pengamatan tergolong sedang dengan nilai Ĥ=1.928. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar, LKPD dan video sebagai media pembelajaran pada materi Perubahan Lingkungan. Hasil uji kelayakan buku ajar dan LKPD oleh validator diperoleh masing-masing skor total 100% dan video pembelajaran diperoleh dengan nilai B.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deteriorasi Habitat, Rawa Tripa, dan Orangutan Sumatera (Pongo abelii Lesson).
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Susi Mulia Ulva
Date Deposited: 19 Aug 2020 09:09
Last Modified: 19 Aug 2020 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item
TOP