Sinergisitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Kopelma Darussalam (Studi Pelayanan Rujukan Online)

Efri Liana, 140105139 (2019) Sinergisitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Kopelma Darussalam (Studi Pelayanan Rujukan Online). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Sinergisitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Kopelma Darussalam (Studi Pelayanan Rujukan Online))
Efriliana, 140105139, FSH, HTN, 082311156922.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelayanan Publik dalam bidang kesehatan merupakan hal yang sangat penting yang masuk kedalam hak asasi manusia dan tercantum di dalam UUD 1945. Untuk menjadikan Pelayanan Publik kesehatan yang baik maka pemerintah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pelayanan rujukan berjenjang dan rujukan Online yang diterapkan BPJS masih belum selaras dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Rumusan masalah dari penulisan ini adalah bagaimana tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan rujukan online di Puskesmas Kopelma Darussalam, kedua bagaimana upaya Puskesmas Kopelma Darussalam dalam meningkatkan mutu pelayanan rujukan online terhadap pasien BPJS dan ketiga bagaimana perspektif hukum Islam terhadap sinergisitas pelayanan publik pada Puskesmas Kopelma Darussalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif empiris, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan field research (penelitian lapangan) seperti: observasi, wawancara, data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien pengguna BPJS kesehatan terhadap kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Puskesmas Kopelma Darussalam secara umum sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Permenkes RI Nomor 001 Tahun 2012 Tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatanan Perorangan. Sistem rujukan berbasis online adalah sebuah sistem yang dikembangkan dengan menggunakan tekhnologi cloud yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan pertama (Puskesmas/klinik/Dr praktek umum) ke tingkat layanan rujukan (rumah sakit/lab) maupun ke apotek. Namun menurut penulis konsep rujukan online yang telah diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan belum sesuai dengan konsep maqashid syari’ah dikarenakan ada nya beberapa permasalahan seperti sering terjadinya eror pada sistem yang berakibat pasien harus menunggu waktu yang lama untuk mengambil rujukan, Sedangkan pasien yang sakit bisa menjadi semakin memburuk dan dapat mengakibatkan terancam nya jiwa seorang pasien tersebut. Maka konsep dari maqashid syari’ah disini masih belum selaras dengan rujukan online, dan ini harus lebih diperhatikan langsung oleh pemerintah dan pihak BPJS sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, M.Ag Pembimbing II : Muhammad Syu’ib, MH, MLegSt
Uncontrolled Keywords: Sinergisitas, Pelayanan Rujukan Online
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Efri Liana Efri
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:14
Last Modified: 25 Aug 2020 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item
TOP