Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Lam Ujong Kabupaten Aceh Besar

Dara Ariska, 140207154 (2020) Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Lam Ujong Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Lam Ujong Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Lam Ujong Kabupaten Aceh Besar)
Dara Ariska, 140207154, FTK, PBL, 082360521264.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kendala yang dialami siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dianggap sulit dikarenakan pembagian taksonomi yang banyak dan penghafalan nama ilmiah yang sangat sulit. Hal tersebut berdampak pada pemahaman siswa tentang pengelompokkan taksonomi pada materi klasifikasi makhluk hidup.Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat memberi pemahaman terkait pengelompokkan taksonomi pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji kelayakan buku ajar materi klasifikasi makhluk hidup dan untuk mengetahui respon siswa kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar terhadap penggunaan media buku ajar pada materi klasifikasi makhluk hidup.Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) yaitu Untuk dapat menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar, sampel pada penelitian ini adalah diambil 10 siswa dari masing-masing kelas VII-1, VII-2, VII-3, VII-4 yang berjumlah 40 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan media pembelajaran sebesar 98.91% tergolong kategori sangat layak dan respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu 82.49% tergolong kategori sangat positif, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memuat aspek yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dara Ariska
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:54
Last Modified: 24 Aug 2020 06:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item
View Item