Pemahaman Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Ayat-Ayat Tentang Perempuan Dalam Politik

Lusi Yana, 150303038 (2019) Pemahaman Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Ayat-Ayat Tentang Perempuan Dalam Politik. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Ayat-Ayat Tentang Perempuan Dalam Politik)
Lusi Yana, 150303038, FUF, IAT, 085270802339.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman masyarakat tentang seberapa penting peranan perempuan dalam politik dan keikutsertaannya dalam politik praktis. Kebolehan perempuan untuk berpolitik membutuhkan landasan yang kuat dari Al-Quran dan hadits sehingga memberikan kebebasan bagi perempuan untuk ikut terlibat dalam setiap kegiatan politik, tanpa harus terhalangi oleh alasan-alasan agama yang selalu dijadikan alasan untuk menghalangi mereka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan model field research atau penelitian lapangan. Peneliti menggunakan metode ini sejalan dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh terhadap ayat-ayat tentang Perempuan dalam politik.
Hasil dari penelitian ini yaitu mayoritas masyarakat Kota Banda Aceh baik yang berkecimpung dengan politik praktis ataupun tidak, memahami bahwasanya perempuan dibolehkan dan harus berpolitik disebabkan berbagai alasan tertentu. Selain itu masyarakat juga sudah memahami ayat-ayat yang berkenaan dengan politik perempuan. Sebahagian besar masyarakat berpendapat bahwasanya pentingnya perempuan berpolitik, dikarenakan ketidaksetaraan pembagian peranan dalam bidang politik tertentu, jika tidak dilibatkan perempuan di dalamnya, dan ditakutkan akan mendiskriminasi kaum perempuan. Hal tersebutlah yang menyebabkan beberapa alasan masyarakat setuju apabila perempuan berpolitik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husna Amin, M.Hum Pembimbing II : Dr. Abd. Wahid, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Lusi Yana Lusi
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:29
Last Modified: 14 Sep 2020 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item
TOP