Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Instagram Untuk Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan Di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry

Musfirah, 150207120 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Instagram Untuk Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan Di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Instagram Untuk Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan Di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry)
Musfirah, 150207120, FTK, PBL, 085277604074.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (68MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media sosial instagram oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry salah satunya adalah untuk mengakses informasi gizi dan kesehatan. Bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah gizi dan kesehatan di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry masih kurang dan belum menggunakan bahan ajar yang ter-update. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar berbasis instagram, mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap bahan ajar berbasis instagram untuk mata kuliah gizi dan kesehatan di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Rancangan Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media dan ahli materi, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon mahasiswa terhadap bahan ajar berbasis instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain bahan ajar menghasilkan bahan ajar berbasis instagram dengan nama akun instagram @gizidankesehatan.id, dengan uji kelayakan media bahan ajar berbasis instagram diperoleh hasil 85,79 dengan kategori sangat layak, dan kelayakan terhadap materi gizi dan kesehatan pada bahan ajar berbasis instagram mendapatkan hasil 95,2 dengan kategori sangat layak. Respon mahasiswa terhadap bahan ajar berbasis instagram mendapat hasil 0,93 > 0,75 dengan kriteria sangat positif dari angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis instagram untuk mata kuliah gizi dan kesehatan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar yang efektif untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Musfirah Musfirah
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:22
Last Modified: 25 Aug 2020 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item
TOP