Perbedaan Motivasi Pulih Pada Residen Narkoba Ditinjau Dari Pendekatan Rehabilitasi

Raudhah, 150901042 (2020) Perbedaan Motivasi Pulih Pada Residen Narkoba Ditinjau Dari Pendekatan Rehabilitasi. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perbedaan Motivasi Pulih Pada Residen Narkoba Ditinjau Dari Pendekatan Rehabilitasi]
Preview
Text (Perbedaan Motivasi Pulih Pada Residen Narkoba Ditinjau Dari Pendekatan Rehabilitasi)
Raudhah, 150901042, FPSI, PSI, 081360664607.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Korban penyalahgunaan NAPZA tentunya memiliki permasalahan psikologis yang berat dikarenakan harus melawan ketergantungan, sehingga tidak mudah bagi seorang pecandu untuk lepas dari ketergantungan tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan yang lebih intensif untuk memotivasi penyalahguna NAPZA untuk lepas dari obat yang merusak mental baik dari segi internal maupun eksternal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Motivasi Pulih Pada Residen narkoba ditinjau dari Pendekatan Rehabilitasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 residen yang mengikuti program rehabilitasi Sosial narkoba. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Motivasi Pulih dengan model Skala Likert. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Independent Samples T-test dengan program SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan antara motivasi Pulih residen NAPZA yang menerima rehabilitasi pendekatan spiritual Islam dengan residen rehabilitasi pendekatan Konvensional, dengan nilai rerata residen yang menggunakan pendekatan rehabilitasi spiritual Islam sebesar t= 69,63, dan yang menggunakan rehabilitasi pendekatan konvensional sebesar t= 76,86. Hasil hipotesis menunjukkan p = 0,126 (p>0,05), dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini di tolak. Artinya tidak ada perbedaan antara motivasi pulih pada residen NAPZA yang menggunakan pendekatan rehabilitasi spiritual Islam dan residen NAPZA yang menggunakaan pendekatan rehabilitasi konvensional.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Uncontrolled Keywords: Motivasi Pulih, Residen narkoba, pendekatan Rehabilitasi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.2 Psikologi Individu
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Raudhah Raudhah
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:56
Last Modified: 25 Aug 2020 03:56
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item
View Item