Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pemanfaatan Media Puzzle Kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Mutia Meliza, 150209075 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pemanfaatan Media Puzzle Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pemanfaatan Media Puzzle Kelas IV MIN 26 Aceh Besar.)
Mutia Meliza, 150209075, FTK, PGMI, 085277275809.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibelatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa MIN 26 Aceh Besar khususnya pada pembelajaran IPS kelas IV-B terdapat siswa memiliki nilai dibawah KKM 70 yang disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru dalam proses pembelajaran serta kurangnya bervariasi media pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga tujuan dari akhir pembelajaran kurang tercapai maksimal dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah peneliti. Bagaimana aktivitas guru dengan pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 26 Aceh Besar ? Bagaimana aktivitas siswa dengan pemananfaatan media puzzle pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 26 Aceh Besar? Bagaimana hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 26 Aceh Besar ? Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan komponen yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamantan, refleksi. Dalam pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembaran aktivitas guru, lembaran aktivitas siswa dan soal tes untuk melihat hasil belajar siswa. berdasarkan hasil pengamatan pada aktivitas guru pada siklus I yaitu persentase 77,7 berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II peneliti memperbaiki kekurangan yang terdapat pada siklus I, pada siklus II nilai persentase 97 dalam kategori sudah sangat baik. Berdasarkan hasil pengamatan lembaran aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 73,4 berada pada kategori baik, dan pada siklus II peneliti memperbaiki kekurangan yang terdapat pada siklus I, dan pada siklus II nilai persentase 92 berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai persentase hasil belajar 75 yang mencapai ketuntasan belajar 12 siswa dan 4 siswa tidak mencapai ketuntasan, pada siklus II nilai persentase 93,75 yang mencapai ketuntasan hasil belajar 15 orang dan 1 tidak mencapai ketuntasan. Hasil belajar secara klasikal sudah mencapai ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemimbing 1 : Darmiah , S.Ag., MA Pemimbing 2 : Fakhrul Rijal, S.Pd.I.,M.A
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutia Meliza
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:45
Last Modified: 25 Aug 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13149

Actions (login required)

View Item View Item
TOP