Identifikasi Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 12 Banda Aceh.

Laras Mika, 150208058 (2020) Identifikasi Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 12 Banda Aceh)
Identifikasi Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 12 Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran ilmu kimia khususnya pada materi kesetimbangan kimia, dimana siswa sulit dalam mengaplikasikan perhitungan dan penalaran dalam konsep kesetimbangan kimia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil wawancara dengan guru bidang studi bahwa sekitar 75% siswa kesulitan dalam proses perhitungan dan penalaran konsep. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengidentifikasi kemampuan siswa yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerik siswa pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods), intumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan numerik menggunakan materi kesetimbangan kimia. Dari hasil analisis data peneliti dapat mengidentifikasi bahwa siswa pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banda aceh memiliki kemampuan numerik yang cendrung masuk pada kategori sedang karena dari 25 orang siswa lebih banyak siswa yang memiliki kemampuan numerik sedang (14 orang siswa), sedangkan yang memiliki kemampuan numerik tinggi berjumlah 11 orang siswa,. Juga dari nilai tersebut menunjukkan bahwa kemampuan numerik siswa pada kelas tersebut sudah memasuki kategori baik, karena nilai siswa yang rata-rata baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Laras Mika Laras
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:49
Last Modified: 26 Aug 2020 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item
TOP